Arti Sembilu

May 26

Saya bukan mau membuat puisi atau roman dengan judul yang saya buat. Saya mau menjelaskan dengan sebenarnya apa itu “sembilu”. Sembilu biasanya muncul dalam kutipan lagu-lagu sedih, “bagai tersayat sembilu” atau “bagai diiris sembilu”. Sebenarnya apa arti sembilu?

Ada diantara anda mungkin pernah melihatnya tapi tak tahu bahwa itu namanya sembilu. Sembilu adalah sepotong bambu yang dibelah lalu ditajamkan sedemikian rupa pada satu sisinya sehingga menjadi pisau buatan. Lain kali kalau ada kesempatan akan saya buatkan lalu saya upload fotonya pada anda. Lalu kenapa “tersayat sembilu” digunakan untuk menggambarkan hati yang pedih? Kenapa tidak “tersayat pisau” saja?

Jujur saja rasanya memang lain. Tersayat pisau atau senjata tajam jauh berbeda rasanya dengan tersayat sembilu. Saya bisa bicara begini karena pernah merasakan dua-duanya. Bambu mempunyai kulit luar setebal 1-2 mm, bagian ini bila dibeset lalu digunakan mengiris kulit anda jangan tanya rasanya. Selain rasa khas kulit teriris ada tambahan rasa gabungan dari perih, panas, dan gatal. Pokoknya sakit banget. Dalam bahasa Jawa kesayat kulit bambu disebut “kebeler

Nah yang dibikin sembilu ini juga bagian kulitnya, ditajamkan sedemikian rupa. Di kampung saya sembilu akan dibuat kalau ada yang menyembelih sapi atau kambing. Sembilu biasanya digunakan untuk memburai usus kambing atau sapi, juga untuk memotong-motongnya.

Menurut cerita orang tua dulu khitanan itu pakai sembilu.. Huuuuu sakit gan. Tapi saya masih menyaksikan sendiri ketika masih banyak kelahiran dibantu dukun bayi, mereka menggunakan sembilu untuk memotong plasenta bayi..

6 comments

  1. Ih jadi linu!

  2. Ooooo cx ttt

  3. hinis mrn ny mun cek basa sunda mah

  4. wallartpicture /

    Cara bahasa jawane “welad”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *