Mengkritisi Logika Sandal Kesehatan

Nov 13

Beberapa tahun belakangan ini ramai dijual yang namanya sandal kesehatan. Dari yang harganya puluhan ribu rupiah dan dijual di bus-bus sampai yang ratusan ribu bahkan jutaan yang dijual melalui TV belanja. Benarkah sandal tersebut bermanfaat untuk kesehatan?

Saya menulis ini dalam keadaan belum meriset atau review tulisan-tulisan ilmiah tentang sandal kesehatan. Tapi ada satu hal yang langsung mengganjal.hati saya dalam memahami manfaat sandal kesehatan.

Setahu saya dalam seleksi masuk militer atau polisi ada jenis telapak kaki yang pasti tidak akan lolos yaitu KAKI DATAR. Yaitu orang yang telapak kakinya tidak memiliki cekungan sebagaimana lazimnya sehingga kalau berjalan seluruh muka telapak kakinya menyentuh tanah. Konon (saya juga belum baca artikel ilmiahnya) orang dengan jenis kaki ini cepat lelah sehingga tidak kuat jalan jauh. Tentu saja dunia militer tidak bisa menerima calon dengan kelainan tersebut.

Apa hubungannya?
Begini, bahwa di telapak kaki kita ada titik-titik refleksi yang dengan memijat titik-titik tersebut bermanfaat bagi kesehatan kita semua sepakat. Tapi jika ada suatu sandal sedemikian rupa sehingga setiap berjalan titik-titik refleksi di kaki kita tertekan (terpijit) termasuk bagian lengkungan telapak kaki kita bukankah artinya kita malah sedang memperlakukan kaki normal kita sebagaimana penyandang kaki datar? Lengkungan pada telapak kaki kita kodratnya adalah tidak menyentuh tanah (tidak tertekan saat berjalan), lalu sebuah sandal kesehatan membuat titik-titik pada lengkungan telapak kaki kita tertekan?

Monggo di komen

One comment

  1. PB FT UMJ /

    Promo Bebas Biaya Pendaftaran di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta
    Khusus Selama Bulan Ramadhan
    Berlaku untuk kelas reguler & kelas karyawan
    http://www.pmb.ftumj.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *